Cianjur, Pusat Pengembangan Literasi Digital – Perkembangan dunia digital yang begitu pesat membuat pelaku usaha dituntut untuk bersemangat menggunakan teknologi digital supaya mampu memanfaatkan situasi dan mencari solusi untuk pemasaran dan pengembangan usaha yang efektif dan efisien. Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Digital melalui Pusat Pengembangan Literasi Digital berkolaborasi dengan Digital Momi Indonesia (Digimom) menggelar Pelatihan Digital Campaigning untuk UMKM Digital di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada 18 November 2025.
“Kita semua telah merasakan kekuatan media sosial dan internet dalam kehidupan sehari-hari. Namun, di tangan seorang campaigner yang terampil, platform berubah menjadi alat strategis bagi para pelaku usaha,” buka Rizki Ameliah, Kepala Pusat Pengembangan Literasi Digital dalam sambutannya.
Dedi Supriadi, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur menyoroti kondisi UMKM masa kini.
“Kami sering berinteraksi dengan para pelaku usaha di pasar. Banyak kios mengalami kelesuan karena kalah bersaing dengan usaha online. Karena itu, pelaku usaha wajib mengikuti perkembangan zaman. Transformasi digital adalah pilar ekonomi nasional, dan UMKM merupakan tulang punggung ekonomi daerah,” ujar Dedi dalam sambutannya.

Ia menekankan pentingnya UMKM untuk mendalami materi strategi kampanye, kemampuan membuat konten, pengelolaan media sosial, analisis pasar, serta pembangunan brand supaya sigap menghadapi tantangan digital dewasa ini.
Sementara itu, Astri Dwi Andriani, Rektor Universitas Putra Indonesia (UNPI) sekaligus Advisor Digimom, menegaskan bahwa perubahan perilaku konsumen yang kini mencari informasi dan bertransaksi secara daring menuntut UMKM untuk beradaptasi secara cepat dan produktif.
“Dengan keterampilan digital yang praktis dan pemahaman kampanye digital yang baik, UMKM dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan daya saing secara efisien,” ujarnya.
Pelatihan Sarat Ilmu dan Dilengkapi Praktik
Pelatihan Digital Campaigning ini ditujukan kepada mahasiswa Universitas Putra Indonesia dan UMKM di Kabupaten Cianjur. Pelatihan diisi dengan tiga materi, yang diampu oleh fasilitator dari Digital Momi Indonesia.
Materi Pertama adalah “Fondasi Strategi Usaha” oleh Astri Dwi Andriani, materi kedua adalah “Kampanye Digital” oleh Dahlia Febrina, serta materi terakhir bertema, “Analisis Performa Digital Campaign” oleh Sri Maryati.

Pelatihan diisi dengan pemaparan materi, pengembangan teori lewat diskusi, dan sesi interaktif bersama peserta. Peserta juga diperkenalkan pada tools dan pemanfaatan AI dalam strategi pemasaran, serta sesi praktik langsung (hands-on) bersama fasilitator.
Kegiatan Mendapatkan Apresiasi dari Berbagai Pihak
Dukungan disampaikan oleh May Safitri, Chief of Flow Digimom, yang melihat kolaborasi ini sebagai langkah strategis memperkuat ekosistem literasi dan keterampilan digital bagi pelaku usaha.
Dody Faraitody Teguh selaku Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNPI Cianjur turut mengapresiasi penyelenggaraan pelatihan ini. “Hari ini kita semua terhubung secara digital. Pelatihan seperti ini sangat relevan untuk meningkatkan kemampuan UMKM agar tetap kompetitif,” ucapnya.
Pelatihan Digital Campaigning ini bukan hanya bertujuan mengajarkan teknik beriklan atau mengejar viralitas semata, melainkan juga mengarahkan peserta untuk menggunakan kekuatan digital secara produktif, bertanggung jawab, etis, dan bermanfaat. Penyelenggara berharap kegiatan ini menjadi investasi kolektif bagi masa depan Indonesia melahirkan UMKM yang lebih adaptif, generasi muda yang kompeten, serta ekosistem usaha yang berdaya saing di era digital.
Adapun informasi lebih lanjut mengenai Program Literasi Digital dan Digital Talent Scholarship dapat diakses melalui Instagram @literasidigitalkomdigi, @dtsdea, @thematic.academy, @dtsmicroskill, kanal YouTube Literasi Digital Komdigi, dan website digitalent.komdigi.go.id.
Narahubung Fahrizal Lukman Budiono Ketua Tim Keterampilan Digital Dasar Pusat Pengembangan Literasi Digital Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Komunikasi dan Digital Kementerian Komunikasi dan Digital RI
Label
smo, umkm digital cianjur, , digital momi indonesia, digimom, kampanye digital umkm, transformasi digital umkm, pelatihan umkm cianjur, , , unpi cianjur, media sosial untuk umkm, , fondasi strategi usaha, konten digital umkm, e-catalogue lokal cianjur, penguatan umkm daerah, branding, umkm ekonomi digital indonesia, pelatihan literasi digital, indonesia, dea, dts, pemberdayaan umkm, cianjur, jawa barat, umkm cianjur, pelatihan digital cianjur, digital marketing untuk umkm, pemasaran online umkm, pengembangan kapasitas umkm, kampanye digital efektif, pelatihan keterampilan digital