Tangerang Selatan, Pusat Pengembangan Literasi Digital – Media sosial bukan hanya media curhat, tetapi sebuah ladang usaha yang tetap. Hal ini ditekankan oleh Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) melalui Pusat Pengembangan Literasi Digital BPSDM Komdigi dalam acara Pelatihan Social Media Optimization untuk para mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Dalam pelatihan ini, sekitar 150 mahasiswa dilatih agar mampu memanfaatkan media sosial untuk berjualan.
“Jadi bukan hanya scrolling (media sosial), tapi (peserta) bisa mengerti statistik insight-nya dan bagaimana algoritmanya, sehingga media sosial pun juga bisa jadi ladang usaha tetap,” jelas Rizki Ameliah, Kepala Pusat Pengembangan Literasi Digital dalam sambutannya dalam pembukaan Pelatihan Social Media Optimization di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Tangerang Selatan, Banten (11/09/2025).
Di kesempatan yang sama, Khodijah Hulliyah, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyatakan bahwa kemampuan digital, termasuk mengelola media sosial, adalah bentuk investasi masa depan yang diperlukan oleh para mahasiswa untuk berkarir.
“Menurut kami, pelatihan ini adalah kegiatan yang luar biasa, karena kemampuan menggunakan teknologi digital untuk mengolah informasi dan menggunakan media sosial dengan bijak dan produktif sangat diperlukan untuk membangun karir di era digital,” tutur Khodijah.

Pelatihan Social Media Optimization meliputi dua sesi, yaitu sesi pemahaman literasi digital yang dibawakan oleh Indriyatno Banyumurti dari ICT Watch, dan sesi pelatihan social media optimization oleh Okky Barus dari GoTo. Para peserta belajar tentang kiat melakukan digital marketing, analisis performa akun media sosial untuk berjualan, hingga cara berkomunikasi efektif dengan pelanggan.
Ravli, mahasiswa UIN Jakarta yang menjadi salah satu peserta Pelatihan Social Media Optimization menyatakan bahwa topik pelatihan ini, terutama mengenai digital marketing, cocok bagi pemuda sepertinya yang sedang atau baru akan memulai bisnis di era digital.
“Pelatihannya cocok di era sekarang, apalagi (pelatihannya) gratis, kita jadi lebih peka tentang literasi digital dan digital marketing. Ilmunya mau aku terapkan juga karena kebetulan punya usaha online,” ucapnya.

Pelatihan ini merupakan bagian dari program Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang sebelumnya juga mengusung tema fotografi produk, social selling, dan digital copywriting. Informasi lebih lanjut mengenai Program Literasi Digital dan Digital Talent Scholarship dapat diakses melalui Instagram @literasidigitalkomdigi, @dtsdea, @thematic.academy, @dtsmicroskill, kanal YouTube Literasi Digital Komdigi, dan website digitalent.komdigi.go.id.
Narahubung
Fahrizal Lukman Budiono
Ketua Tim Keterampilan Digital Dasar
Pusat Pengembangan Literasi Digital
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Komunikasi dan Digital
Kementerian Komunikasi dan Digital RI
Label
dts, pelatihan, umkm, bpsdm, komdigi, goto, social media optimization, smo, wirausaha, brand, brand awareness, , gojek, gojek indonesia