Gambar: Pelatihan Digital Copywriting di SMK Negeri 4 Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, pada tanggal 23 September 2025

Bogor, Pusat Pengembangan Literasi Digital – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Komunikasi dan Digital (BPSDM Komdigi) Kementerian Komdigi melalui Pusat Pengembangan Literasi Digital kembali mengadakan Pelatihan Digital Copywriting di SMK Negeri 4 Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, pada tanggal 23 September 2025. Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan para murid SMK untuk menghadapi dunia digital, khususnya di bidang wirausaha.

“Dalam Pelatihan Digital Copywriting ini, teman-teman peserta diharapkan mampu menggunakan copywriting untuk berwirausaha di era digital sekarang,” ujar Ketua Tim Keterampilan Digital Dasar Pusat Pengembangan Literasi Digital, Fahrizal Lukman Budiono ketika membuka Pelatihan Digital Copywriting.

Mulya Mulpihartono selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Bogor menyatakan bahwa ilmu berwirausaha penting bagi para siswa ketika memasuki dunia kerja. “Saat para siswa mau memasuki ranah kerja maupun kuliah, ilmu berwirausaha harus bisa didapatkan. Dengan bantuan Komdigi dalam Pelatihan Digital Copywriting, diharapkan para murid dapat memanfaatkan dan mempelajari ilmunya dengan sungguh-sungguh.”

Pelatihan diawali dengan pre-test yang dibawakan oleh Tim Literasi Digital Pendidikan dan dilanjutkan dengan pemaparan Literasi Digital Melalui Penulisan Kreatif yang dibawakan oleh Tim Relawan TIK Verra Rousmawati, dimana dalam paparannya dijelaskan mengenai literasi digital, manfaat dari literasi digital, serta tantangan dan peluang di era digital.

Pelatihan dilanjutkan dengan acara inti, yaitu pemaparan mengenai Digital Copywriting, yang dibawakan oleh Pengajar dari GoTo, I Wayan Dodi Putra Artawan. Dalam materinya, para peserta diarahkan untuk tidak sekedar menulis, namun juga perlu mengenal calon pembeli dari produk yang akan dijual.

Copywriting bukan hanya sekedar tulis-menulis, akan tetapi dengan copywriting, kita dapat membuat brand kita menjadi lebih unik, dan mampu untuk membawa banyak calon konsumen,” jelasnya.

Selain teori, kegiatan pelatihan juga mengadakan sesi praktik. Para peserta diberikan tugas membuat caption pada sosial media masing-masing, menciptakan slogan produk, dan juga melakukan analisis teknik copywriting dalam sosial media Instagram dan TikTok.

Pelatihan diikuti oleh lebih dari 300 murid SMK Negeri 4 Bogor. Di akhir kegiatan, Naz, salah satu murid SMK Negeri 4 Bogor, memberikan kesannya terhadap pelatihan ini. “Pelatihannya seru banget, kapan lagi kita bisa dapet pelatihan gratis dari Komdigi,” dia juga menambahkan, “Harapannya buat ke depan, semoga kegiatan Pelatihan Digital Copywriting ini bisa menyebar ke seluruh pelosok Indonesia, agar para anak muda bisa mendapatkan ilmu dan bisa lebih berkembang lagi.”

Adapun informasi lebih lanjut mengenai Program Literasi Digital dan Digital Talent Scholarship dapat diakses melalui Instagram @literasidigitalkomdigi, @dtsdea, @thematic.academy, @dtsmicroskill, kanal YouTube Literasi Digital Komdigi, dan website digitalent.komdigi.go.id.

Narahubung

Fahrizal Lukman Budiono

Ketua Tim Keterampilan Digital Dasar

Pusat Pengembangan Literasi Digital

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Kementerian Komunikasi dan Digital RI


Label
dts, bpsdm, komdigi, copywriting, wirausaha, umkm, brand, brand awareness, smk negeri 4 bogor, smkn 4 bogor, pelatihan, goto, gojek, gojek indonesia