Gambar: SMK

Depok, (9/9) – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Komunikasi dan Digital (BPSDM Komdigi) melalui Pusat Pengembangan Literasi Digital menyelenggarakan Pelatihan Social Media Optimization bagi 289 siswa SMK Negeri 1 Depok. Kegiatan ini menegaskan komitmen BPSDM Komdigi dalam membekali generasi muda dengan keterampilan digital yang relevan untuk mendukung wirausaha dan UMKM.

Strategi Optimasi Media Sosial dari Praktisi

Dalam sesi utama, praktisi GoTo, Rizqi Mulyantara, memaparkan strategi penggunaan tagar, variasi tipe konten, pembuatan konten interaktif, evaluasi performa melalui dasbor, hingga perencanaan iklan.

“Tujuan teman-teman membuat konten adalah untuk menawarkan jasa atau produk. Maka yang pertama harus dilakukan adalah memilih target pasar. Target pasar akan menentukan spesifikasi produk yang akan kalian tawarkan. Setelah itu, mulailah membuat branding yang membuat produk kalian berbeda dari produk serupa di pasaran,” ujar Rizqi.

Praktik Langsung Membuat Konten

Tidak berhenti pada teori, pelatihan juga menghadirkan praktik pembuatan konten promosi di Instagram. Para siswa dibagi dalam kelompok, kemudian konten yang dipublikasikan dievaluasi bersama untuk melihat efektivitas strategi.

Salah satu peserta, Mauren Kesya Zahra dari jurusan DKV, menilai pelatihan ini seru dan mudah dipahami. “Ke depan, mungkin akan saya terapkan materi yang sudah dipelajari saat ini ke media sosial,” ungkapnya. Sementara itu, Ahmad Ramadhani dari jurusan PPLG mengaku tertarik pada strategi branding yang dipelajari.

Literasi Digital sebagai Fondasi

Sebelum sesi utama, pelatihan dibuka dengan sesi literasi digital interaktif bersama fasilitator Tuahta Hasiholan Pinem dari Relawan TIK, yang menekankan pentingnya kemampuan mengevaluasi informasi di era digital.

“Informasi berlebihan membuat yang benar bisa salah dan sebaliknya. Maka kemampuan mengevaluasi informasi menjadi penting,” jelasnya.

Komitmen BPSDM Komdigi

Ketua Tim Keterampilan Digital Dasar BPSDM Komdigi, Fahrizal Lukman Budiono, membuka kegiatan ini dengan menegaskan bahwa pelatihan Social Media Optimization memberi peluang siswa untuk menggunakan media sosial secara produktif.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMKN 1 Depok, Deni Kurniawan, menambahkan harapannya agar kegiatan ini mampu mendorong siswa untuk lebih bijak dalam memanfaatkan teknologi informasi.

Bagian dari Program DEA

Pelatihan ini merupakan rangkaian dari Program Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang rutin digelar oleh BPSDM Komdigi. Sebelumnya, DEA telah menghadirkan pelatihan bertema fotografi produk, social selling, dan digital copywriting.

Informasi lebih lanjut mengenai Program Literasi Digital dan Digital Talent Scholarship BPSDM Komdigi dapat diakses melalui:

  • Instagram: @literasidigitalkomdigi, @dtsdea, @thematic.academy, @dtsmicroskill
  • Kanal YouTube: Literasi Digital Komdigi
  • Website: digitalent.komdigi.go.id

Narahubung
Fahrizal Lukman Budiono
Ketua Tim Keterampilan Digital Dasar
Pusat Pengembangan Literasi Digital
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia
Kementerian Komunikasi dan Digital RI

(Pusbang Litdig - Publikasi BPSDM Komdigi/L)


Label
kelas, konten, siswa, smk, memaksimalkan, media sosial, wirausaha