Gambar: Ketua Tim DEA Erwin Manurung dan Instruktur Frans Hendra mendampingi peserta pelatihan DEA PDD Kisaran

Kisaran, 11 Maret 2025 – Sebagai langkah nyata dalam mempersiapkan talenta digital Indonesia menuju Indonesia Emas 2045, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kominfo Medan bersama Pemkab. Asahan menyelenggarakan Pelatihan Pemasaran Digital Dasar bagi 90 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari berbagai sektor, termasuk kuliner, fashion, jasa, kerajinan tangan, tata rias, parfum, serta pemula yang baru memulai wirausaha.

Pelatihan ini bagian dari upaya strategis untuk meningkatkan kapasitas UMKM dalam menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0. Dengan pendekatan teori dan praktik, peserta dibekali pengetahuan dasar kewirausahaan dan pemasaran digital, termasuk pengelolaan media sosial dan optimalisasi Google Bisnisku. "Ini adalah komitmen kami dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital di tingkat akar rumput. UMKM harus melek teknologi agar mampu bersaing di pasar yang semakin dinamis," ujar Erwin Manurung selaku Ketua Tim DEA BBPSDMP Medan.

Erwin Manurung instruktur kelas Pemasaran Digital Dasar

Lebih jauh Erwin menjelaskan bahwa kerja sama antara BBPSDM Kominfo Medan dan Pemkab Asahan ini menjadi bukti nyata dukungan pemerintah dalam memajukan UMKM melalui transformasi digital. "Kami berharap pelatihan ini menjadi langkah awal bagi UMKM di Asahan untuk go digital dan memperluas pasar," tuturnya.

Erwin juga menambahkan “materi pelatihan yang aplikatif dirancang agar mengenali karakteristik wirausahawan sukses dan tahapan pengembangan usaha, mulai dari penyusunan Bisnis Model Kanvas, pendaftaran legalitas UMKM, hingga optimalisasi Google Bisnisku dan membuat konten promosi (caption, foto, video) serta memanfaatkan media sosial untuk pemasaran”, ucapnya.

Frans Hendra instruktur Pamasaran Digital Dasar

Sementara Frans, salah satu instruktur dalam pelatihan ini berharap “sesuai silabus peserta diharapkan setelah pelatihan ini mampu mengidentifikasi model bisnis digital yang sesuai dengan usaha mereka., membedakan jenis-jenis pemasaran digital dan tren terkini, mengelola profil bisnis di Google dan media sosial secara profesional dan menghindari praktik bisnis digital yang kurang etis”, jelasnya.

Rencananya, program pelatihan serupa akan terus dilaksanakan dengan materi yang lebih mendalam, termasuk penggunaan AI dalam pemasaran dan e-commerce. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui portal resmi BBPSDM Kominfo Medan.(FS)


Label
dea, pemasaran digital dasar, universitas royal, kisaran