Gambar: DEA BATCH 3

Surabaya, 24 Februari 2025 – Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Surabaya menyelenggarakan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) bertajuk Pemasaran Digital dengan Bantuan AI pada Senin (24/2). Kegiatan ini khusus diikuti oleh para pemilik wirausaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kota Surabaya dan Sidoarjo yang ingin meningkatkan keterampilan digital dalam mengelola dan memasarkan produk mereka secara lebih efektif.

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali pelaku UMKM dengan strategi pemasaran digital berbasis kecerdasan buatan (AI) guna meningkatkan daya saing bisnis. Peserta diberikan pemahaman mendalam mengenai pemanfaatan AI dalam pemasaran, mulai dari analisis tren pasar,menemukan unique selling, pengelolaan iklan berbasis data, hingga penggunaan chatbot otomatis untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

Dalam sesi pelatihan, Eko Pamuji dan Meithiana Indrasari selaku para ahli di bidang teknologi digital dan pemasaran berbagi wawasan mengenai berbagai alat AI yang dapat membantu pelaku UMKM dalam mengoptimalkan strategi bisnis mereka juga memberikan kuis kuis yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan. Selain itu, peserta juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan praktik langsung menggunakan beberapa platform berbasis AI guna meningkatkan efektivitas promosi dan penjualan mereka. Para peserta menyambut baik kegiatan ini dan berharap pelatihan serupa dapat terus diadakan agar UMKM di Indonesia semakin berkembang dengan dukungan teknologi digital. Dengan pemanfaatan AI dalam pemasaran, diharapkan para pelaku usaha dapat meningkatkan efisiensi bisnis serta menjangkau lebih banyak konsumen secara efektif. (NF/YA)


Label
dts, dea, ai, pemasaran digital, jagoan digital