Sidoarjo, 2 Juni 2025 – Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Surabaya mengadakan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) dengan tema Pemasaran Digital Dasar Batch 3. Bekerjasama dengan Yayasan Sedulur Wolu Divisi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kab Sidoarjo, pelatihan ini berjalan selama dua hari pada Senin dan Selasa, 2-3 Juni 2025.
Rangkaian pelatihan dimulai dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh Sekretaris Yayasan Sedulur Wolu, Suyanto, Plt. Kasubbag Umum BPSDMP Kominfo Surabaya, Maulia Jayantina Islami, dan Koordinator DEA, Moh Khusaeri. Dalam sambutannya, Suyanto mengungkapkan apresiasinya kepada para peserta karena sangat antusias dalam mendaftar dan mengikuti pelatihan. "Kami berharap, para pelaku UMKM ini tidak hanya berkecimpung di ranah lokal, namun juga melebarkan saya ke dunia digital untuk mengembangkan usahanya." pungkasnya.
Maulia Jayantina Islami juga memberikan penawaran kepada para pelaku UMKM untuk dapat mengikuti pelatihan Digital Talent Scholarship dengan tema lainnya. "Tidak hanya terbatas pada pemasaran digital saja, namun kami juga memiliki tema-tema lain yang bisa diikuti, mulai dari pemanfaatan kecerdasan buatan, video content, dan lain sebagainya." ungkapnya sekaligus membuka pelatihan secara resmi.
Pelaksanaan pelatihan yang berlangsung di Ruang Aula dan Lab Komputer Kantor BPSDMP Kominfo Surabaya dihadiri oleh 70 peserta dan diampu oleh 2 Instruktur yang berpengalaman, yaitu Mohammad Roffiudin dan Sri Hariati. Pelatihan ini dirancang bagi pengusaha UMKM yang ingin memahami konsep dasar pemasaran digital, mulai dari mengenal berbagai platform media sosial, membuat konten yang menarik, serta memahami strategi digital marketing.
Tidak hanya dibekali dengan teori, peserta juga diajak untuk praktik langsung dalam penyelesaian studi kasus, serta melakukan diskusi interaktif agar peserta dapat memahami dan mengaplikasikan materi dengan lebih baik. Rangkaian pelatihan ini meliputi pengerjaan microskill di aplikasi Digitalent Mobile, pembuatan akun Tiktok Shop, hingga pembuatan konten video produk yang dijual di sosial media seperti Facebook, Instagram, Tiktok. Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan mampu menerapkan teknik-teknik pemasaran digital secara mandiri dan efektif serta mendapatkan landasan yang kuat dalam pemasaran digital. Mengingat di era digital yang terus berkembang pesat, kemampuan dalam memanfaatkan teknologi dan platform digital menjadi salah satu kunci utama untuk meningkatkan daya saing, baik bagi individu maupun pelaku usaha.
BPSDMP Kominfo Surabaya dan Yayasan Sedulur Wolu Divisi UMKM Kab Sidoarjo berharap, pelatihan ini dapat mendukung transformasi digital dan membuka peluang baru untuk pertumbuhan usaha serta peningkatan keterampilan digital masyarakat, khususnya pelaku UMKM di Kabupaten Sidoarjo. (HR/YA)
Label
dts, dea, pemasaran digital, jagoan digital