Buku ini berisi uraian berbagai gagasan tentang pengukuran di bidang PR beserta operasionalisasinya dalam praktek. Konsep-konsep pengukuran PR dan metode-metode pengukuran penting, seperti Media Content Analysis (MCA) dan survei efektivitas komunikasi, dipaparkan secara luas, lengkap dengan ilustrasinya. Demikian pula penerapan metode Balanced Scorecard (BSC) untuk menilai kinerja suatu unit PR…
Buku ini merupakan buku lanjutan (buku ke-4) dari Seri Manajemen Public Relations yang akan memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai konsepsi dan aplikasi dari manajemen public relations yang efektif dan efisien. Termasuk dalam pembahasannya adalah persyaratan-persyaratan penting yang harus dimiliki dan dilakukan oleh humas agar fungsinya sebagai fasilitator dan komunikator gagasan atau i…
Critical public relations adalah perspektif baru yang belum banyak berkembang di Indonesia. Buku ini hadir sebagai referensi baru kajian pendekatan kritis pada public relations & manajemen krisis yang membahas Issue & Crisis Management : Teori dan Praktik; Public Relations Kritis (Critical Public Relations); Riset Public Relations & Crisis Management; Metode Riset Kualitatif, Etnografi & Etnogr…
Keterbukaan informasi publik di satu sisi menjadikan embrio demokratisasi informasi menjadi semakin transparan, tetapi di sisi yang lain mengakibatkan semakin kompleksnya layanan informasi bagi instansi pemerintah di bidangnya. Tuntutan masyarakat itu mengindikasikan bahwa selama ini masih terdapat distorsi informasi baik yang bersumber dari pemerintah maupun institusi lainnya. Untuk menjawab t…
Buku ini menjelaskan semua hal yang wajib dan perlu diketahui oleh insan public relations. Semua yang diuraikan di sini merupakan pengetahuan dasar bagi calon dan pejabat PR, baik yang bersifat teoretis maupun praktis. Dengan mengetahui dan memahaminya, diharapkan akan lahir insan-insan PR yang profesional yang dapat mengembangkan citra dan reputasi lembaga, perusahaan dan organisasinya. Buku H…
Dari sedikit buku-buku PR yang ditulis oleh praktisi PR Indonesia, buku ini memberikan perspektif baru dalam membangun fungsi PR strategis menjadi milik setiap orang dalam organisasi dan perusahaan.
Public relations saat ini berkembang sebagai ilmu dan profesi, telah mengalami perkembangan yang cepat dan signifikan dalam masyarakat, organisasi profit dan non profit. Di setiap upaya pengembangan PR dalam ranah keilmuan dan tatanan praktis atau profesi, penelitian PR menjadi upaya yang sangat penting dilakukan. Program atau kegiatan PR sebaiknya dibuat berdasarkan data atau fakta di lapangan…
Penting bagi (calon) praktisi public relations untuk memahami seluk-beluk dunia media massa. Untuk bisa memahami media massa, mereka perlu memahami mediascape Indonesia mutakhir karena dunia media massa Indonesia mengalami perubahan mendasar sejak reformasi bergulir, ditambah dengan munculnya media baru, khususnya yang memanfaatkan internet, yang memungkinkan juga munculnya praktek e-public rel…
Kehadiran buku ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran mengenai pentingnya peranan Humas atau public relations dalam suatu instansi, perusahaan ataupun lembaga, khususnya untuk menumbuhkan pendapat publik yang menguntungkan (favourable public opinion) dan seimbang, yaitu antara kepentingan perusahaan dengan kepentingan publik, di samping strategi membangun pencitraan lembaga (corporate image)…
Buku ini membahas mengentai orientasi pemahaman, definisi, peranan dan tujuan public relations yang dikaitkan dengan bauran PR (PR Mix), dimensi komunikasi kampanye PR, perekayasaaan opini publik, peranan kampanye PR untuk memenangkan persaingan , dan aplikasi program kampanye public relations, masalah-masalah makro yang dihadapi kampanye PR.
Di tengah keprihatinan masyarakat terhadap maraknya fenomena politik uang, buku ini menawarkan politik yang cerdas dan bersih. Setelah dalam buku pertama mengupas formula pencitraan merk komersial Indonesia, dalam buku kedua dari Trilogi PR Magic ini, penulis mengadopsi pencitraan merk untuk partai politik dan political branding politisi. Tema yang dipaparkan di buku ini antara lain yaitu bagai…
Reflecting advances in theory, research, and application in the discipline since the publication of the Handbook of Public Relations in 2001, this new volume is global in scope and unmatched in its coverage of both academic research and professional best practice. The key features include presents major theories in the words of the leading advocates for each theory, covers the full range of the…