Text
Rising Middle Class in Indonesia
Melalui buku ini, penulis bukan sekadar memberikan penjabaran dari sisi mikro, tetapi juga menggunakan data dari sejumlah riset publik MarkPlus, tempat ia bekerja sejak tahun 1995. Melalui riset terhadap 1.000 responden kelas menengah per kota di 10 kota utama Indonesia di luar Jakarta, terungkap bahwa fenomena kelas menengah adalah fenomena nasional dan bukan sekadar fenomena Jakarta dilihat dari interaksi di industri yang populer di kelas menengah. MarkPlus sendiri sejak tahun 2009 memang mencoba melakukan studi kelas menengah dengan beragam fokus studi, yaitu berbasis kota, berbasis tiga subkultur (Youth-Women-Netizen), dan berbasis topik yang relevan untuk kelas menengah. Penulis juga memaparkan peluang yang terbuka bagi para marketer dan hal-hal yang seharusnya dilakukan oleh policy maker setelah kelas menengah Indonesia berhasil menarik perhatian investor global dan membuat negeri ini menjadi bintang baru perekonomian dunia.
No other version available