Text
Analisis Isi : Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya
Metode analisis isi yang menjadi kajian utama buku ini adalah analisis isi kuantitatif (quantitative content analysis), dipakai untuk mengukur aspek atau dimensi dari isi (dokumen) yang dilakukan secara kuantitatif. Metode analisis isi kuantitatif berupaya meminimalisasi bias subjektivitas penelitian dengan reliabilitas tinggi, dan mengutamakan ketepatan mengidentifikasi isi pernyataan, seperti penghitungan, penyebutan yang berulang dari kata atau kalimat tertentu. Analisis isi digunakan dalam komunikasi, menjadi salah satu metode utama dalam disiplin ilmu komunikasi dan ilmu-ilmu sosial lain, seperti politik, hukum, ekonomi, seni, dan budaya. Analisis isi terutama digunakan untuk menganalisis isi media cetak maupun elektronik, serta dipakai untuk mempelajari isi semua konteks komunikasi, baik komunikasi antarpribadi, kelompok, maupun organisasi.
No other version available